KEKERABATAN KELUARGAKU
Saya (Rahmawati) terlahir dari keluarga yang
sederhana. Ayah saya bernama muhamad karim dan ibu saya bernama siti saida
kadir. Saya adalah anak ke 2dari 4 bersaudara, yang terdiri dari 2 perempuan
dan 2 laki-laki. Kakak perempuan saya (si sulung) bernama siti masyitha, tahun
2013 kemarin ia mendapatkan gelar sarjananya S1 Si. Sedangkan saya saya sendiri
sadang melanjutkan kuliah di IAIN Sultan Amai gorontalo. Kemudian adik
laki-laki saya yang ke 3 bernama Risky wahyudi yang sekarang duduk di bangku
kelas 3 SMP sedang mempersiapkan UN nya dengan baik. Dan adik laki-laki saya
yang terakhir bernama Fajri Adriansyah masih berumur 3 tahun yang insyallah mau
masuk TK. Ayah saya adalah anak terakhir dari 5 bersaudara, begitu juga dengan ibu saya. kakek dan nenek dari pihak ibu
saya sudah meninggal, tetapi dari pihak ayah saya masih mempunyai ayah tetapi
ibu (nenek) sudah meninggal. Kakek.Dalam keluargaku, ayah sebagai kepala
keluarga selalu mengiatkan kami agar selalu taat beribadah beribah kepada Allah
swt. Apalagi sholat 5 waktu.
-dalam kekerabatan keluarga saya
selalu mengutamakan dan mengacu pada agama islam dan berusaha mengerjakan
seluruh perintahnya dan menjauhi segala larangannya.
-dari sudut pendidikan dalam kekerabatan saya
tidak terlalu baik karena pada waktu dulu banyak keluarga saya yang putus
sekolah yang di akibatkan kondisi kampong yang masih labil dan belum terlalu
stabil masih banyak yang mengutamakan pekerjaan dari pada pendidikan
-dari segi kesehatan, keluarga dari pihak ayah saya ada sebagian yang menderita penyakit asma. tetapi alhamdulilah keluarga kami sehat wal'afiat.
-dari factor ekonomi keluarga saya
rata-rata ekonomi menengah ke bawah karena keluarga saya masih sebagian besar
masih hidup di kampong yang dalam konteks ekonomi yang masih sederhana.
profesi keluarga saya bermacam-macam
mulai dari petani sampai dengan pengusaha begitu pula penghasilan keluarga saya
bermacam-macam mulai dari penghasilan seorang petani sampai penghasilan seorang pegawai negri.
Pengaruh-Pengaruh
Karakteristik Peserta Didik
1. pengaruh lingkungan dalam kekerabatan bagi peserta didik
adalah sangat berpengaruh dalam lingkungan keluarga karena lingkungan keluarga
merupakan awal dimana peserta didik berada dan membentuk karakternya,
lingkungan keluarga termasuk lingkungan social yang sangat berpengaruh atapun
membantu terbentuknya karakter peserta didik tersebut. Sebagian besar waktu
peserta didik dihabiskan di dalam lingkungan keluarga.
2. Pengaruh lingkungan transek dari kos ke kampus bagi peserta didik juga perpengaruh karena dalam kegiatan proses belajar mengajar selalu berada dalam lingkungan tersebut sehingga mempengaruhi karakter pembentukannya. Dalam setiap harinya selalu melewati temuan-temuan yang ada dan juga problematika yang ada disekitar tempat tersebut kemudian menjadi suatu perubahan dimana peserta didik memantau atau akan menilai sebagai pembentukan karakter peseta didik yang mana akan ditanamkan menjadi suatu karakter yang terdapat di dalam diri setiap peserta didik.
2. Pengaruh lingkungan transek dari kos ke kampus bagi peserta didik juga perpengaruh karena dalam kegiatan proses belajar mengajar selalu berada dalam lingkungan tersebut sehingga mempengaruhi karakter pembentukannya. Dalam setiap harinya selalu melewati temuan-temuan yang ada dan juga problematika yang ada disekitar tempat tersebut kemudian menjadi suatu perubahan dimana peserta didik memantau atau akan menilai sebagai pembentukan karakter peseta didik yang mana akan ditanamkan menjadi suatu karakter yang terdapat di dalam diri setiap peserta didik.
3. Pengaruh lingkungan yang ada di transek desa bagi karakter
peserta didik adalah pengaruh lingkungan yang ada di desa- masing-masing
peserta didik, tempat dimana sehari-hari karakter peserta didik trbentuk mulai
dari awal yang berupa suatu tempat dimana peserta didik belajar, bermain,
serta bergaul sehingga mendapatkan suatu problematika dan dapat membawa
perubahan yang tentunya sangat berperan dalam karakter peserta didik.
4. Pengaruh lingkungan kampus (peta kampus ) dalam karakter
peserta didik adalah sangat berpengaruh karena lingkungan ini menjadi tempat
dimana pendewasaan karakter peserta didik, dimana yang tadinya masih belum
stabil ataupun tidak menentu karakter masing-masing peserta didik, di
lingkungan inilah menjadi awal proses pembentukan yang menjadi karakter yang
akan ditanamkan dalam setiap karakter peserta didik sehingga karakter peserta
didik bias menjadi lebih dewasa dari sebelumnya.
5. Pengaruh kebiasaan dalam karakter peserta didik juga
berpengaruh karena kebiasaan sehari-hari akan menjadi factor pertama dan paling
utama bagi pembentukan karakter peserta didik.
6. Pengaruh musim dalam karakter peserta didik juga tidak akan
terlepas dari pembentukan karakter peserta didik karena musim yang ada akan
berpengaruh pada lingkungan dimana peserta didik berada dan akan membawa dampak
yang besar bagi karakter peserta didik yang berada dilingan dengan musim yang
bemacam-macam.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar